MEMBUAT PREFAB DARI SEBUAH GAMEOBJECT
MEMBUAT PREFAB DARI SEBUAH GAMEOBJECT
hallo semua... balik lagi ketemu aku Evan Fadhilah Adine pada kesempatan kali ini aku akan menjelasakan tentang prefab, game object child, rigid body dan physics material
yukkk langsung aja kita mulaii...
Prefab merupakan sebuah GameObject yang disimpan ke dalam Assets, yang nantinya bisa dimanfaatkan menjadi GameObject kembali.
Rigid Body adalah asset pada unity yang 'embeded' pada objek, sehingga objek tersebut bisa bergerak berdasarkan lekuk-lekuk terrain/latar belakang yang kita buat. Dalam rigid body, objek secara otomatis memiliki gaya gravitasi.
Membuat Prefab
Buatlah project baru di Unity
Pastikan Project yang digunakan adalah Game 3D.
Tambahkan sebuah Plane dengan cara klik menu GameObject => 3D Object => Plane lalu ganti namanya menjadi Lantai1.
Tambahkan plane kedua, ganti namanya menjadi Lantai2 dan atur scalenya menggunakan tombol Scale di pojok kiri atas atau masukkan angkanya pada panel transform.
Angkat posisi Lantai2 sedikit ke atas dan atur kemiringannya sehingga mirip seperti gambar berikut.
Klik Lantai2 pada tab Hierarchy kemudian buat GameObject Child dengan cara klik menu GameObject -> Create Empty.
Untuk memudahkan penyebutan, ganti nama Game Object Child tadi menjadi TitikJatuh.
Selanjutnya buat sebuah Sphere baru dengan cara klik menu GameObjects -> 3D Object -> Spphere dan ganti namanya menjadi mycapsule.
Tambahkan sebuah gambar pada panel Assets dengan cara klik kanan pada panel Assets -> Import New Assets (contoh : tekstur-grass-field), lalu pilih salah satu gambar yang ada di komputer Anda.
Dari panel Assets, drag gambar tersebut menggunakan mouse lalu letakkan pada mycapsule sehingga terlihat seperti di bawah ini.
Klik mycapsule dan tambahkan RigidBody dengan cara klik menu Component => Physics => Rigidbody.
Buat sebuah Physic Material dengan cara klik Assets => Create => Physics Material dan beri nama Bounce.
Ganti parameter Bounciness menjadi 0.9 untuk menambahkan efek memantul.
Kita kembali ke GameObject mycapsule, tambahkan Material Bounce dengan cara drag dari panel Assets ke panel Sphere Collider, parameter material. Atau klik tombol kecil di kolom Material pada komponen Sphere Collider milik mycapsule
Berikutnya untuk menjadikan Prefab, drag mycapsule dari tab Hierarchy ke panel Assets.
Jika Prefab mycapsule sudah dibuat, Anda dapat menghapus GameObject mycapsule dari tab Hierarchy, karena yang akan kita gunakan adalah Prefab yang sekarang sudah ada di Assets.
Prefab adalah sebuah instansiasi dari sebuah GameObject sehingga GameObject yang sudah pernah dibuat bisa digunakan kembali dengan cepat. Selain itu Prefab memungkinkan GameObject digandakan menggunakan script.
Buat Script
Buat script C# dan beri nama GandakanBola.cs lalu ubah script menjadi seperti berikut ini
Selanjutnya pasang script tersebut di GameObject mana saja yang Anda suka (contoh :lantai 2), lalu pastikan parameter TempatJatuh dan parameter Bola diisi.
Parameter Tempat Jatuh diisi dengan GameObject TitikJatuh, sedangkan parameter Bola diisi dengan prefab mycapsule.
Jalankan Games dan klik tombol buat semangka berkali-kali. Perhatikan pula kondisi tab Hierarchy dengan seksama, semua GameObject yang terbentuk dan terterah di sana akan menghilang secara otomatis setelah 5 detik. Beginilah cara Unity membuat GameObject secara runtime sekaligus menjaga kestabilan penggunaan memori pada Komputer.
pembahasan kode :
Variable TempatJatuh pada baris ke 6 akan berisi koordinat GameObject ‘muncul’. Jadi yang kita perlukan dari TitikJatuh hanyalah posisinya saja, bukan objeknya.
Variable Bola pada baris ke 6 digunakan untuk GameObject yang akan diduplikasi.
Baris 11 s.d 14: Kunci dari materi ini, yaitu perintah untuk menduplikasi objek Bola di posisi TitikJatuh (position+rotation)
Baris ke 15: perintah untuk menghancurkan GameObject 5 detik setelah diciptakan.
Baris 15 merupakan salah satu bagian terpenting, jika perintah ini tidak dibuat, maka game akan memakan banyak memori karena terus memproduksi GameObject.
Selanjutnya, kita akan mengedit script yang kedua
Klik kanan folder “script” yang tadi telah dibuat => klik open => edit file tersebut seperti gambar di atas => setelah selesai di edit klik file => klik save all.
pembahasan kode :
GetKey adalah salah satu user input yang menggunakan keyboard sebagai media inputan, berbeda dengan inputan lain, GetKey hanya terbatas pada tombol-tombol yang ada di papan keyboard.
KeyCode adalah perintah yang digunakan untuk untuk menentukan tombol apa yang akan di tekan sebagai KeyCode
GetKey memiliki 3 kondisi, yaitu:
GetKey, kondisi tombol terus ditekan
GetKeyDown, kondisi 1x tekan
GetKeyUp, kondisi ketika jari diangkat dari tombol
Sekian pembahasan kali ini sampai jumpa di pembahasan selanjutnyaa....
Link Budiluhur : http://budiluhur.ac.id
Komentar
Posting Komentar