Dasar-dasar Mengunakan Software Unity
Dasar-dasar Mengunakan Software Unity
Hallo Selamat Datang,
Disini aku akan sedikit shareing bagaimana dasar untuk mengunakan software Unity bagi pemula. sebelumnya kamu harus punya software Unity yang bisa di download di https://unity3d.com/get-unity/download
tanpa basa basi lagi yukk langsung di baca dan di pahami caranya ...
MEMULAI DASAR UNITY
1. MENYIPAKAN HALAMAN KERJA
a . Membuka aplikasi Unity 3D
Sebelum menyiapkan lembar kerja hal yang pertama yang harus kita lahkukan tentunya memebuaka aplikasi Unity, klik icon Unity pada desktop kamu.
b. Menyipakan Berkas Proyek
setelah membuka aplikasi Unity, maka akan terbuka jendela proyek. Silahkan klik New
untuk melaksanakan proyek baru . kemudian akan terbuka jendela yang berisi Nama proyek, Direktori File, dan Jenis Proyek. Silahkan isi sesuai keinginan kamu.
untuk melaksanakan proyek baru . kemudian akan terbuka jendela yang berisi Nama proyek, Direktori File, dan Jenis Proyek. Silahkan isi sesuai keinginan kamu.
c. Memahami Layout Dasar
Setelah memebuka proyek, tampilan akan menyadi seperti berikut. ini adalah tampilan dasar dari Layout Unity. disini kamu dapat melahkukan perubahan atau mengcustom nantinya.
- Menu Bar
Berisi menu yang dapat digunakan untuk melakukan operasi atau pengolahan data pada proyek, dapat juga untuk mengatur tampilan maupun sistemnya.
2.Scene View
digunakan untuk melihat secara keseluruhan objek yang digunakan di game. Scenes Window juga dapat mengedit objek, baik itu dalam hal posisi, rotasi maupun skala.
3.Camera View
digunakan untuk melihat hasil akhir dari game yang nantinya akan ditampilkan di layar user.
4.Asset Center
digunakan untuk menampilkan daftar assets yang dapat digunakan dalam project Anda. Ketika menambahkan asset baru, ia akan muncul di Project Window.
5.Inspector Window
digunakan untuk mengedit semua properties pada objek yang aktif.
6.Hirearhcy
digunakan untuk melihat daftar GameObject apa saja yang ada di dalam scene. Setiap objek yang ada di scene pasti masuk di Hierarchy.
d. Memulai Membuat Program
1. Membuat Folder Asset
Selanjutnya membuat Folder Asset dengan cara klik kanan pada Assets , pilih Create -> Folder, dan beri nama folder.
Kemudian dilanjutkan dengan membuat Script dengan cara klik kanan pada folder Scripts, pilih Create -> C# Scripts, lalu beri nama file. Misalnya buatlah file HelloWorld.cs
tahap selnajutnya adalah memahami kode yang otomatis dibuat oleh Unity
A. Void Start()
Fungsi ini akan dipanggil satu kali di awal, pada saat Script pertama kali di-enable Prosedur ini sesuai untuk inisslisasi.
B. Void Update()
Dipanggil pada setiap Frame, apabila script di-enable. Prosedur ini sesuai untuk bagian script yang dieksekusi berulang-ulang.
4. Manajemen Proyek
Untuk menjalankan proyek, kamu hanya tinggal menekan tombol Play seperti pada gambar, dan seketika kode yang kamu buat kaan di eksekusi.
5. Menyiapkan Proyek
Untuk menyiapkan proyek , kamu hanya tinggal arahkan kursor ke menubar Klik File -> Save
6. Lalu langkah terakhir memilih lokasi penyimpanan.
Itu adlah Langkah-Langkah di atas adlah dasar untuk memulai aktifitas pembuatan Game dengan Unity , yukk semanagat belajarnya dan semoga berhasil ...
Terimakasih atas kunjungannya ke blog ini , semoga bermanfaat yaa😊
Terimakasih penulis ucapkan kepadahttps://www.budiluhur.ac.id/ yang telah mendukung penulis untuk mempelajari Materui pengembangaan Permainan dengan Unity.
NAMA : Evan Fadhilah Adine
NIM : 1811502549
FAKULTAS : Teknologi dan Informasi
PROGRAM STUDI : Teknik Informatika
Komentar
Posting Komentar